:::: MENU ::::

Kamis, 25 Februari 2016


            Kali ini gua pengen ngebahas soal Sopan Santun di chat. Sekarang manusia hampir gak bisa lepas dari Gadget, iya gak? Paling yang jarang make gadget itu produk lama, biasanya produk tahun 50-an dan 60-an. Sosial Media juga sekarang update terus entah yang lama melakukan pembaharuan atau muncul Sosmed baru. Coba sebutin dalam hati berapa akun sosmed yang lu punya? Facebook, Twitter, Instagram, Path, BBM, Line, Whatsapp, soundcloud, Kaskus, Youtube, dan banyak lagi. Banyak kan? Apalagi biasanya anak 90-an keatas punya lebih dari 5 sosmed. Ohh iya Blog juga termasuk sosmed lhoo.

            Kemudahan juga didapatkan saat ini. Kita mudah berkomunikasi dengan orang yang jauh. Jadi ga ada alasan buat ga komunikasi sekarang. Udah gitu ada fitur pencari teman berdasarkan almamater, itu keren banget menurut gua. Jadi orang yang udah lost contact karena suatu hal bisa komunikasi lagi. Jadi, menurut gua kita berada di zaman yang udah seru, karena kita udah ga terbatas jarak lagi. Kita udah selangkah lebih baik dari pada pendahulu kita.

            NAMUN, tanpa kita sadari banyak dari kita yang melakukan kesalahan. Kita memakai sosmed dengan bebas yang pada akhirnya menghilangkan kesopanan. Lohh kok menghilangkan kesopanan? Yapp banyak dari kita yang luput dan luput hingga terbiasa, malah jadi rutinitas. Gak ada aturan tertulis dan gak ada norma sosial yang memberikan lu sanksi seperti ketika lu melakukan hal “tidak sopan” di dunia nyata membuat kita “BODO AMAT” sewaktu lu melakukan perbuatan tersebut. Gua Cuma mau menyadarkan dan berharap KITA berubah menjadi lebih baik dengan mengharai orang lain, Yukk Mikir…

1.          SALAM. loh kok salam? Iya, salam adalah awal pembicaraan, suatu awal yang dilakukan saat awal chat. Awal yang baik bisa memberikan hasil yang baik juga dan itu yang gua percayai. Tapi kita sering luput dengan hal ini. Gua orang Islam dan yang gua tau gua diajarkan untuk memulai sesuatu pembicaraan dengan salam, yaitu “Assalamu’alaikum”. Namun Agama itu ngebahas soal kepercayaan dan itu hak pribadi jadi gua ga singgung soal itu. Tapi, karena gua orang Indonesia gua mengenal salam Hai, Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Malam, Halo dan salam lainnya. Apakah itu yang selalu lu liat waktu ada orang yang ngechat? Engga, ada yang Ehh, Woy, Coy bahkan ada yang pake nama hewan haha kayak “jing, kabar lu gimana?”  “ehh jing kabar lu gimana?” wahh kalo yang ini jackpot hehe. Gua ga masalah kalo itu dilakukan ke sahabat yang udah deket banget, tapi untuk teman itu tindakan yang ga sopan. Apa sulitnya memakai bahasa yang lebih sopan tapi tetep Slang? Seperti “Assalamu’alaikum lay gimana kabar lu?” atau “ hai, kabar lu gimana bro?” itu terlihat lebih baik kan?

    Dengan salam yang enak tentunya orang tergerak juga kan buat bales? Khusus untuk BBM ini penting banget. Kalian tau fitur “PING!!!”? banyak orang yang memakai Ping untuk mengawali pembicaraan. Ini prinsip pribadi tapi gua ga suka dengan orang yang memakai ping untuk mengawali chat karena itu bentuk tidak menghargai orang lain. KECUALI, untuk keadaan Urgent dan mendesak. Gua terima dan gua apresiasi dia make “PING!!!” karena hape gua jadi bergetar juga. Jadi, gunakan PING!!! Untuk keadaan mendesak yaaa…

2.         Bales Lama, yaa lu ngerti lah kenapa ini ga sopan. Karena lu berharap di respon dengan cepat juga kan? KECUALI, kalo emang sibuk atau lagi banyak chat. Dan ketika lu mengalami ini jangan cepat kesel karena lu harus mengerti keadaan lawan chatting lu juga. Kecuali emang kalo keseringan dan gak sibuk, ini baru gak sopan. Jadi Berfikirlah Positif dulu…

3.        Bales Terlalu Singkat, mirip seperti no. 2 ini hal yang menurut gua gak sopan. Jika ada yang bilang bales terlalu singkat untuk sesuatu yang harusnya dibalas dengan detail itu bentuk ungkapan jutek menurut gua salah. Kecuali kalo itu pertanyaan sepele seperti “sudah makan belom” kalo jawabannya Cuma “sudah” ya gak salah juga hahaha

4.        Ga Bales Tapi Nulis Status, ini bentuk ketidakpedulian atau lebih tepatnya meremehkan lawan bicara. Jika memang sekiranya ga mood bales atau tidak terlalu penting untuk dibalas lebih sopan jika dibalas chat dia dan bilang “maaf chatnya nanti lagi” atau “maaf, ga chat dulu”.

5.       Ngilang, ditengah pembicaraan tiba-tiba lawan bicara lu ngilang. Itu kampret, untuk orang yang melakukan dan sering melakukan ini lebih baik pamit dengan sopan dan itu lebih terhormat dibandingkan tiba-tiba ngilang bahkan membuat lawan bicara menunggu balasan. Itu sama seperti ketika kalian berbicara dengan seseorang di dunia nyata namun ditengah pembicaraan lawan bicara Ngeloyor pergi. Itu sangat tidak sopan.

6.        Kapital, yang gua maksud disini adalah huruf kapital. Gunakan huruf kapital untuk tujuan tertentu saja seperti penekanan maksud, hal yang penting diingat, inti topik dan Marah

7.            READ, ini yang terakhir tapi ini yang paling penting dalam bahasan kali ini. Kita sering kali asal ngeREAD tapi ga membalas pesan chat itu. Menurut gua itu sangat tidak menghargai, menyepelekan, dan merendahkan lawan berbicara. Dan ini yang sering luput dari kita. READ tidak termasuk percakapan yang sudah berakhir seperti “hehehe oke deh” atau “iyaa nanti gua bla bla”. Dalam contoh itu percakapan sudah berakhir dan menurut gua itu tidak masalah. Namun akan menjadi masalah ketika lu Cuma ngeREAD doang di tengah pembicaraan. Itu sangat tidak sopan. Gua pribadi akan berterus terang menegur orang yang ngeREAD doing. Dan jika dia tidak berubah dan mengikuti alur gua yaa lebih baik gua gak baca pesan dia.

Kesimpulannya Sopan Santun adalah bentuk menghargai diri sendiri dengan cara menghargai orang lain. Dan dengan bersikap sopan santun di chat orang akan lebih mudah tergerak untuk menghargai lu juga. Sopan santun tidak membatasi chatting, sopan santun tidak sama dengan EYD. Dengan chatting yang biasanya menggunakan Slang namun sopan dan santun akan lebih membuat kita lebih PANTAS untuk dihargai. Bagaimana? Apakah kita MAU berubah menjadi lebih baik?

Yukk Mikir

0 komentar:

Posting Komentar